Pengaruh Penggunaan Soal Cerita Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa yang Bermotivasi Belajar Tinggi dan Rendah (Eksperimen pada SMP Swasta Pancoran Mas Depok)

Penulis

  • Erwin Effendy

Kata Kunci:

Soal cerita matematika, Hasil belajar matematika, Motivasi Belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. pengaruh soal cerita matematika terhadap hasil belajar matematika, 2. pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, dan 3. Pengaruh interaktif soal cerita matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini, menggunakan metode eksperimen, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang berjumlah 60 siswa dari seluruh siswa kelas VII di SMP Swasta Pancoran Mas Depok. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket dan eksperimen langsung dikelas pada bulan Oktober 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Terdapat pengaruh yang signifikan soal cerita matematika terhadap hasil belajar matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan sig 0,000 < 0,05 dengan Fhitung 31,258. (2). Terdapat pengaruh Motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal tersebut dibuktikan sig 0,029 < 0,05 dan Fhitung 5,001 dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. (3). Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan soal cerita matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan nilai sig 0,099 > 0.05 dan Fhitung 2,813.

Diterbitkan

2020-10-18