https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jmi/issue/feedJurnal Media Informatika2021-03-24T13:20:38+07:00Open Journal Systems<p>Jurnal Media Informatika adalah Jurnal Elektronik Sekolah Tinggi Ilmu Komputer yaitu jurnal yang dikeluarkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komputer - STMIK Pranata Indonesia</p>https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jmi/article/view/61PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN2020-10-01T05:39:36+07:00Iswandi[email protected]Komitmen organisasi berkaitan dengan sejauh mana seorang karyawan dalam suatu organisasi memiliki rasa keberpihakan terhadap organisasi, sehingga segala beban yang ditugaskan oleh suatu organisasi akan selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan. Sedangkan motivasi kerja merupakan salah satu faktor yang menunjang tercapainya tujuan organisasi kearah yang lebih baik. Motivasi karyawan dapat berasal dari motivasi internal maupun motivasi yang berasal dari eksternal, yang keduanya akan memberikan dorongan kepada karyawan akan selalu melakukan hal yang terbaik bagi organisasinya. Faktor lain yang dapat menunjang tercapainya tujuan organisasi yaitu kedisiplinan karyawan, semakin baik kedisiplinan karyawan maka akan semakin tinggi prestasi kerja yang akan dicapai oleh karyawan. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui bagaimana Pengaruh antara faktor komitmen organisasi, motivasi dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja karyawan dalam suatu perusahaan. Penelitian ini dilakukan di STMIK Pranata Indonesia, data dikumpulkan melalui kuesioner yang di bagikan kepada 90 karyawan baik non kependidikan maupun yang kependidikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini, menggunakan metode survey dengan teknik analisa regresi linier sederhana dan berganda. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan teknik Disprportionate Stratified Random Sampling , hal ini dikarena populasi yang diambil tidak homogen (berstrata) yang jumlahnya tidak proposional. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa variabel komitmen organisasi motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh secara significant terhadap kepuasan kerja baik secara individu maupun secara simultan. 2020-10-18T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2020 https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jmi/article/view/65Motivasi Dan Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Ilmu Ekonomi Pada Mahasiswa Semester 1 Dan 2 Stmik Pranata Indonesia Bekasi2020-10-18T15:11:41+07:00Florentina Risnu Sawitri[email protected]Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan minat belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Pengantar Ilmu Ekonomi Mahasiswa semester 1 dan 2 STMIK Pranata Indonesia Bekasi Semester Ganjil 2017/2018 Jurusan Sistem Informasi dan Komputer Akutansi dengan metode penelitian survei. Responden penelitian mahasiswa berjumlah 40 orang, dipilih berdasarkan teknik sampel bertujuan (purpose sampling). Instrumen menggunakan angket untuk memperoleh data motivasi dan minat belajar, sedangkan prestasi belajar Pengantar Ilmu Ekonomi diperoleh dari nilai rata-rata semester I tahun pelajaran 2017/2018. Metode dalam penelitian ini adalah survei. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pengantar Ilmu Ekonomi Mahasiswa STMIK Pranata Indonesia Bekasi. Bahwa terdapat perubahan variable dependent yaitu 34,7% dan sisanya 65,3%yang dipengaruhi oleh variable lain selain variable X1 dan X2 Karena nilai F = 7,171 yang digunakan untuk melakukan uji hipotesis dalam memprediksi kontribusi variable independen (X1 dan X2) terhadap variable dependen (Y)2018-10-01T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Media Informatikahttps://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jmi/article/view/62Pengaruh Penggunaan Soal Cerita Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa yang Bermotivasi Belajar Tinggi dan Rendah (Eksperimen pada SMP Swasta Pancoran Mas Depok) 2020-10-01T05:46:44+07:00Erwin Effendy[email protected]Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. pengaruh soal cerita matematika terhadap hasil belajar matematika, 2. pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, dan 3. Pengaruh interaktif soal cerita matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini, menggunakan metode eksperimen, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang berjumlah 60 siswa dari seluruh siswa kelas VII di SMP Swasta Pancoran Mas Depok. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket dan eksperimen langsung dikelas pada bulan Oktober 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Terdapat pengaruh yang signifikan soal cerita matematika terhadap hasil belajar matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan sig 0,000 < 0,05 dengan Fhitung 31,258. (2). Terdapat pengaruh Motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal tersebut dibuktikan sig 0,029 < 0,05 dan Fhitung 5,001 dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. (3). Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan soal cerita matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan nilai sig 0,099 > 0.05 dan Fhitung 2,813. 2020-10-18T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2020 https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jmi/article/view/63A Hubungan Korelasi Antara Disiplin Dan Fasilitas Kampus Terhadap Prestasi Mahasiswa2020-10-18T14:49:32+07:00Didi C. Chalil [email protected]Salah satu indikator keberhasilan pendidikan di jenjang pembelajaran di kelas adalah ketika seorang dosen mampu membangun prestasi belajar mahasiswanya dan akan lebih berhasil jika prestasi tersebut dapat ditingkatkan jika kehadirannya di atas 80% (minimal 10 kali kehadiran dari 12 pertemuan). ). Jika mahasiswa dapat ditumbuhkan kedisiplinan dan dibekali fasilitas kampus yang layak, maka sesulit apapun materi perkuliahan atau proses pembelajaran yang diikuti niscaya mereka akan hidup dengan perasaan gembira, bahkan mereka akan merasa sedih jika hari itu dosen tidak bisa datang karena disana adalah kebutuhan di luar kampus. Ada empat tahapan penilaian yang berlaku bagi setiap mahasiswa untuk setiap mata kuliah yang diambil meliputi (1) Absensi 10% (2) Tugas 20% (3) 30% Ujian Semester (UTS) dan (4) Ujian Akhir Semester. (UAS) 40%. Penulis sebagai dosen berusaha untuk menumbuhkan motivasi belajar dari awal, selain selalu berkomunikasi secara aktif dengan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan juga memantau kehadiran dan tugas, setiap selesai kuliah selalu diberikan praktek / tugas yang langsung diberi nilai, biasanya diberikan tugas dengan cukup mudah sehingga bisa mendapatkan nilai 100, walaupun terjadi kesalahan hitung, mereka tetap diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan tersebut sehingga akhirnya mendapatkan nilai 100. Dengan nilai 100 tersebut, motivasi mereka untuk tumbuh dan bahkan tumbuh sedemikian rupa sehingga memacu mereka untuk rajin kuliah. Tingkat kesulitan tugas diimbangi dengan perkuliahan, semakin lama dimunculkan sehingga mencapai tingkat rata-rata maksimal kemampuan mahasiswa pada akhir rapat perkuliahan. .. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar mahasiswa dengan kedisiplinan mahasiswa dengan fasilitas kampus. Analisis ini diambil dari jawaban 55 siswa yang dipilih secara acak sebagai responden dengan mengisi kuesioner yang dibagikan kepada mereka.2020-10-18T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2020 https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jmi/article/view/64Kemandirian belajar dan kecerdasan logika terhadap prestasi Belajar fisika pada mahasiswa semester 1 stmik pranata Indonesia bekasi2020-10-18T15:06:03+07:00MARIA ROSANTI[email protected]Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan kecerdasan logika terhadap prestasi belajar Fisika pada Mahasiswa semester 1 STMIK Pranata Indonesia Bekasi Semester Ganjil 2017/2018 Jurusan Teknik Informatika dengan metode penelitian survei. Responden penelitian mahasiswa berjumlah 45 orang, dipilih berdasarkan teknik sampel bertujuan (purpose sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, modus, standar deviasi, dan statistika inferensial yaitu untuk mencari koefisien. Metode dalam penelitian ini adalah survei. Bahwa terdapat perubahan variable dependent yaitu 40,8% dan sisanya 59,2%yang dipengaruhi oleh variable lain selain variable X1 dan X2. Karena nilai F = 14,457 yang digunakan untuk melakukan uji hipotesis dalam memprediksi kontribusi variable independen (X1 dan X2) terhadap variable dependen (Y) 2020-10-18T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2020