AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH DI SMK CYBER MEDIA JAKARTA

Penulis

  • Ichsan Ramdhani UNIVERSITAS PAMULANG
  • Mukhamad Khotib Arifai UNIVERSITAS PAMULANG

Kata Kunci:

COBIT 4.1, Audit, Tatakelola TI

Abstrak

SMK Cyber Media Jakarta adalah sekolah kejuruan yang berbasis pada teknologi informasi dengan tiga kompetensi unggulan, yaitu Teknik Komputer & Jaringan, Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran, dan Multimedia. Sejak tahun 2013 telah diimplementasikan sistem informasi, berupa website. Selanjutnya, pada 2014 menerapkan e-dapodik yang merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh Kemendikbud. Pada tahun 2017 berhasil mengembangkan e-absensi, e-raport, dan perpustakaan online sebagai sistem informasi manajemen sekolah. Sistem informasi yang diterapkan merupakan pengembangan oleh pihak internal maupun pihak eksternal. Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu dilakukan audit terhadap implementasi sistem infomasi manajemen sekolah. Audit bertujuan memastikan sistem infomasi telah diterapkan dengan baik dan selaras dengan stategi pengembangan sekolah.

Penelitian diawali dengan penelaahan dokumen organisasi dan wawancara untuk mengetahui strategi organisasi dan tujuan penerapan teknologi informasi di SMK Cyber Media. Berdasarkan tujuan organisasi berhasil dipetakan menjadi 4 domain proses yang menjadi control objectives pada COBIT 4,1, yaitu DS11, ME2, ME3, dan ME4. Kuisioner yang digunakan untuk pengukuran tingkat kematangan mempunyai nilai uji validasi rhitung > 0,66 dengan uji reabilitas r > 0,70, yang artinya semua pertanyaannya valid dan mempunyai reliabilitas tinggi.

Hasil pengukuran tingkat kematangan penerapan teknologi informasi di SMK Cyber berada pada tingkatan managed and measureable. Untuk domain proses pengawasan internal dan pemenuhan kebutuhan eksternal berada pada tingkatan managed and measureable, sedangkan domain proses pengelolaan data dan tata kelola teknologi informasi berada pada tingkatan defined. Beberapa upaya perbaikan yang dapat dilakukan adalah dengan melengkapi setiap prosedur formal yang telah terdefinisi, penambahan peralatan yang mengotomatisasi pengelolaan data, dan mengintegrasikan laporan menjadi sesuai standar manajemen.

Referensi

. Fattah, N. 2008. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah, Bandung : Pustaka Bani Quraisi.

. Fernandes. J.A dan Christianto K. 2018. Audit Menggunakan COBIT 4.1 dan COBIT 5 dengan Case Study. Yogyakarta : Teknosain

. Gondodiyonto, S. 2007. Audit Sistem Informasi pendekatan COBIT. Jakarta : Penerbit Mitra Wacana Media.

. Handoyo, S., Soedijono, B., dan Taufiq E.L. 2018. Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Paket Aplikasi Sekolah Menggunakan Framework COBIT. Surakarta. Jurnal Informa Politeknik Indonusa : Vol 4 No 1.

. Herlina, V. 2019. Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta : Elex Media Komputindo.

. ISO.org. 2015. ISO 9000. Diakses pada tanggal 9 Desember 2020 dari https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9000:ed-4:v1:en.

. IT Governance Institute. 2007. COBIT 4.1: Framework, Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models”. IT Governance Institute

. Megawati .2014. Audit Sistem Informasi Manajemen Sekolah Menggunakan Framework Cobit 4.1 Studi Kasus pada SMK Labor Binaan FKIP UNRI. UNSRI. Jurnal Sistem Informasi : Vol 6 No 2.

. Pramono, A. 2017. Analisis Teknologi Informasi menggunakan framework COBIT 4.1. Kediri. STT Cahaya Surya Kediri : Jurnal Speed : Vol 9 No 2.

. Romney, M. B, dan Paul, J.S. 2014. Accounting Information System, Jakarta : Salemba empat.

. Wako, T. N, 2003. Education Management System (EMIS): An Overview. Harare: NESIS, UNESCO.

Diterbitkan

2021-12-08

Cara Mengutip

Ramdhani, I., & Khotib Arifai, M. (2021). AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH DI SMK CYBER MEDIA JAKARTA. Jurnal Ilmu Komputer, 4(2), 38-44. Diambil dari https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/99