Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Untuk Pengenalan Hewan Endemik
Kata Kunci:
Augmented reality, Hewan Endemik, Android, VuforiaAbstrak
Bumi tidak hanya dihuni oleh manusia saja, mahluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan yang hidup berdampingan dengan manusia juga sangat beragam jenis dan bentuknya. Berbagai macam variasi mahluk hidup dengan berbagai bentuk, penampilan, jumlah, jenis dan ciri-ciri khusus pada berbagai macam mahluk hidup, disebut keanekaragaman hayati. Diperkirakan keanekaragaman tersebut berkisar antara satu juta hingga lima juta spesies dan belum diketahui secara pasti. Salah satu faktor keberagaman makhluk hidup adalah letak geografis. Setiap tempat berbeda menjadi salah satu faktor kuat yang mempengaruhi makhluk hidup untuk beradaptasi dan bermutasi, termasuk hewan. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah dilakukan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa augmented reality ini dapat menambah pengetahuan tentang hewan endemik. Karena berdasarkan hasil pengujian kuesioner, penilaian aplikasi Augmented Reality ini dapat menambah pengetahuan tentang hewan endemik dengan presentase sebesar 77,6%. Aplikasi ini dirancang menggunakan software Unity dan dengan tambahan tools Vuforia untuk menambahkan gambar objek 3D hewan endemik berjalan dengan baik dan sesuai keinginan. Dengan membuat model hewan menggunakan software blender
Referensi
. Aslah, & Tulenan. (2017). Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetengan. E-Journal Teknik Informatika, 1-6.
. Faefudin, M., & Julisawati, E. A. (2016). Aplikasai Pembelajaran Morfologi Organ Reproduksi Bunga Endemik Indonesia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 1-7.
. Fauzan, N., & Tolle, H. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Pemilihan Sepatu Berdasarkan Ukuran Kaki Pengguna. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 1-8.
. Gaur, J. G., & Choudhury, T. (2016). A Walk Through of Software Testing Techniques. 5th International Conference on System Modeling & Advancement in Research Trends, 103-108.
. Haller, B., & homas,. (2015). Emerging technologies of augmented reality. Idea Group Pub, 1-8.
. Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 107-166.
. Hendriano, & Bintoro. (2015). Petualangan Game 2D Tentang Mitos Indonesia. e- Proceeding of Applied Science, 1117-1125.
. Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Inforrmasi Rental Mobil Berbasis Web pada PT.APM RENT CAR. Jurnal Intra-Tech, 64-77.
. Kridalukmana, A., & Windasari. (2016). Pembuatan Aplikasi Permainan Pengenalan Provinsi di Indonesia Melalui Game "Adventure Indonesia" Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 389- 397.
. Matin, A. F. (2019). Thesis (Skripsi(S1). PEMBANGUNAN GAME PENGENALAN HEWAN ENDEMIK INDONESIA BERBASIS AGEN CERDAS, 8.
. Muhammad, S., & A S, R. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Perangkat Lunak Informatika Bandung, 1-7.
. Prabhaswari, K. M., & Hendy, M. (2019). Implementasi Konsep “Sinergi” pada Interior Pusat Konservasi Flora Endemik Indonesia di Ungaran, Jawa Tengah. JURNAL INTRA Vol. 7 No. 2, (2019) 95-102 Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra , 1-8.
. Rifai, M., Listyorini, T., & Latubessy, A. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Android. Prosiding SNATIF Ke-1 Tahun 2014 Universitas Muria Kudus, 1-8.