Sosialisasi dan Pelatihan Perakitan Komputer Pada MTS Al Hidayah

Penulis

  • Joko Suwarno UNIVERSITAS PAMULANG
  • Willis Puspita Sari UNIVERSITAS PAMULANG
  • Agus Heri Yunial UNIVERSITAS PAMULANG
  • Achmad Lutfi Fuadi UNIVERSITAS PAMULANG
  • A. Nurul Anwar UNIVERSITAS PAMULANG

Kata Kunci:

Sosialisasi, Pelatihan, Perakitan Komputer

Abstrak

Berangkat dari pengalamam dan terjadinya pandemi di seluruh dunia yang mengakibatkan beberapa negara memilih opsi lockdown untuk membatasi pergerakan laju penyebaran dari virus Covid 19. Dewasa ini dunia pendidikan tidak lepas dari pembelajaran jarak jauh yang mengandalkan komputer dan internet dalam kegiatan belajar mengajarnya sebagai dampak dari pandemi Covid 19 yang sedang terjadi. Supaya bias memutus rantai virus Covid 19 yang semakin masif, maka pemerintah membatasinya khususnya dalam bidang pendidikan untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar dirumah masing-masing. Komputer yang digunakan bisa berupa komputer dekstop atau personal computer (PC), laptop, maupun smartphone. MTS Al Hidayah merupakan sekolah menengah pertama swasta yang berada di Kampung Nagrog Desa Pengasinan Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Guna meningkatkan kualitas SDM siswa-siswi yang ada pada MTS Al Hidayah terutama dalam bidang informasi dan teknologi maka dibuatlah sosialisasi dan pelatihan untuk merakit sebuah komputer desktop dari awal sampai bisa digunakan. Sosialisasi dan pelatihan ini ini akan diadakan dan langsung dipraktikan oleh para siswa-siswi MTS Al Hidayah di sekolah mereka. Hal itu bisa menambah wawasan dan kemampuan para siswa dan siswi agar kedepannya bisa mengembangkan dan memanfaatkan kemampuan baru yang dimiliki sebagai bekal dalam bersaing menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Keuntungan dari merakit komputer sendiri adalah siswa dan siswi mampu memahami permasalahan komputer yang timbul nanti kedepannya, serta bisa menentukan spesifikasi komputer yang akan digunakan

Biografi Penulis

Joko Suwarno, UNIVERSITAS PAMULANG

Program Studi Teknik Informatika

Willis Puspita Sari, UNIVERSITAS PAMULANG

Program Studi Teknik Informatika

Referensi

Damanik, B. (2017). Perakitan Personal Computer (pc) Dan Instalasi Sistim Operasi. Jurnal Mahajana Inforamasi, 2527-8290.

Nugraha, A. A., Amalia, F., & Brata, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Dengan Menerapkan Metode Agile Software Development. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2200-2210.

Zarkasyi, A. (2010). Media Pembelajaran Mengenal Komputer Sekolah Menengah Pertama Kelas 1. Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 33-35.

Diterbitkan

2021-06-13

Cara Mengutip

Suwarno, J., Puspita Sari, W. ., Heri Yunial, A., Lutfi Fuadi, A., & Anwar, A. N. . (2021). Sosialisasi dan Pelatihan Perakitan Komputer Pada MTS Al Hidayah. Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 45-48. Diambil dari https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/89