Perencanaan IT Master Plan Untuk Perguruan Tinggi Menggunakan Kerangka Kerja Togaf (Studi Kasus Pada Universitas Pamulang)

Penulis

  • Afrizal

Kata Kunci:

Tata Kelola TI, COBIT 5, Tingkat Kematangan

Abstrak

Universitas Pamulang sebagai sebuah perguruan tinggi di Tangerang telah memiliki infrastruktur Teknologi Informasi (TI) dan dikelola secara mandiri. Hingga saat ini TI di Unpam menjadi sesuatu yang kompleks, cara pengelolaan yang masih tradisional dan tidak terkoneksi berakibat pada infrastruktur TI yang tidak bisa dalam menjawab permasalahan atas perubahan bisnis dan aplikasi. Serta berdampak pada tingginya beban kerja pengelola. Masalah-masalah ini tidak diperhitungkan, karena penerapan TI tidak dilakukan secara terencana. Oleh sebab itu, perlu dibuatkan blue print TI yang sesuai dengan kebutuhan dan selaras dengan visi misi Unpam . Penelitian ini bertujuan membuat IT Master plan yang berisi Raodmap berdasarkan kerangka kerja The Open Group Architecture Framework (TOGAF) Architecture Development Method (ADM) dengan studi kasus di Unpam. Perkiraan dari Hasil penelitian ini adalah ; (1) Dari hasil perancangan menggunakan kerangka kerja TOGAF ADM diperoleh 24 kandidat aplikasi yang diusulkan untuk dikembangkan, 5 Infrastruktur yang akan di perbaiki dan 10 inisiatif organisasi dan tata kelola TI yang harus dibenahi. (2) Menghasilkan prinsip pengembangan arsitektur teknologi informasi. (3) Dari grafik tingkat kematangan TI perlu di evaluasi pelaksanaan tata kelola TI sehingga meningkatkan tingkat kematangan pada level yang ditentukan bedasarkan visi misi dan tujuan Unpam.

Diterbitkan

2020-09-30

Cara Mengutip

Zein, A. . (2020). Perencanaan IT Master Plan Untuk Perguruan Tinggi Menggunakan Kerangka Kerja Togaf (Studi Kasus Pada Universitas Pamulang) . Jurnal Ilmu Komputer, 1(1), 5. Diambil dari https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/54