Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 2 Tangerang Selatan

Penulis

  • Santosa Wijayanto
  • Ghema Nusa Persada

Kata Kunci:

E-learning, Google Classroom, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis

Abstrak

Teknologi informasi di dunia pendidikan tumbuh dengan pesat seiring berkembangnya berbagai macam perangkat lunak atau software yang mendukung dalam kegiatan belajar mengajar di dalam lingkungan sekolah. Salah satunya media belajar yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah yaitu dengan memanfaatkan e-learning dengan menggunakan aplikasi google classroom. Media ini sangat membantu pendidik dalam memantau kegiatan belajar peserta didik untuk penugasan, absensi, ulangan harian, diskusi dan kegiatan lainnya yang kesemuanya dapat dilaksanakan baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah dengan tanpa tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pendidik terhadap pengelolaan media pembelajaran melalui aplikasi perangkat lunak e-learning secara online dengan memanfaatkan google classroom. Pengumpulan data dengan menggunakan metode survey yaitu metode yang dalam melakukan pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Penelitian menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kepentingan dan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna. Hasil penelitian berdasarkan metode IPA memiliki skor tingkat kesesuaian sebesar 98,53% dan dari hasil diagram kartesius dari 10 atribut terdapat 2 atribut yang memerlukan perbaikan dan peningkatan yaitu atribut cepat dalam mendistribusikan dokumen/materi dan sharing materi pembelajaran. Sedangkan perolehan hasil CSI berdasarkan atribut yang digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan pendidik menggunakan google classroom menghasilkan angka 74,75% dengan kategori “puas”. Berdasarkan hasil kategori tersebut menunjukan bahwa penggunaan e-learning dengan memanfaatkan aplikasi google classroom mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) yang berada di sekolah.

Diterbitkan

2020-08-15

Cara Mengutip

Santosa Wijayanto, & Ghema Nusa Persada. (2020). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 2 Tangerang Selatan . Jurnal Ilmu Komputer, 3(3). Diambil dari https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/27