Penerapan Metode Rad(Rapid Application Development) Pada Rancang Bangun Sistem E-Learning Sekolah Berbasis Web
Keywords:
E-learning, Rapid Application Development (RAD), Pembelajaran daring berbasis webAbstract
Penerapan teknologi dalam dunia pendidikan semakin berkembang pesat, khususnya dalam pengembangan sistem e-learning yang dapat memfasilitasi proses belajar mengajar secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem e-learning berbasis web untuk sekolah dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) sebagai model pengembangan perangkat lunak. Metode Rapid Application Development (RAD) dipilih karena strukturnya yang sistematis dan bertahap, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, serta pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan E-learning di Sekolah terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran e-learning. Problematika dalam penerapan E-learning antara lain: sulit mengukur standar penilaian afektif dan psikomotrik siswa, rendahnya motivasi belajar siswa dan dukungan orangtua. Strategi master dalam penerapan pembelajaran E- learning dengan pemanfaatan berbagai aplikasi - aplikasi untuk mendukung proses pelaksanaan pembelajaran serta membangun komunikasi dengan siswa dan orang tua siswa.References
Aini, N., Wicaksono, S. A., & Arwani, I. (2019). Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web menggunakan Metode Rapid Application Development(RAD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 3, No. 9, September 2019, hlm. 8647-8655, 3, 8647-8655.
Hardyanto, H. (2016). PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE DAN VICON UNTUK PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK. Jurnal Pendidikan VokasiVolume 6, No 1, Februari 2016 (43-53), 6, 43-53.
Mandang, C., Wuisan, D. C., & Mandagi, J. G. (2020). Penerapan Metode RAD dalam Merancang Aplikasi Web Proyek PLN UIP Sulbagut. JOINTER:JOURNAL OF INFORMATICS ENGINEERING,Vol. 01, No. 02, Hal. 49-53, Desember 2020, 01, 49-53.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rini, A., & Fatmariani. (2017). Penerapan Metode RAD Pada Sistem Pengajuan Pengambilan Data Penelitian Bankesbangpol Kota Palembang. Jurnal TI Atma Luhur Vol 4. No 1. September 2017, 4, 1-12.
Rizal, S., & Walidain, B. (2019). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATAKULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH. | Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA VOL. 19, NO. 2, Februari 2019 , 19, 178-192.
Seprina, I., & Yulianingsih, E. (2021). PEMANFAATAN MOODLE DALAM IMPLEMENTASI E-LEARNING DI SEKOLAH KEJURUAN (Studi kasus: SMK Bina Jaya Palembang). Jurnal Ilmiah Betrik, Volume.12, No.02, Agustus 2021, 12, 139-145.
Wahyuaji, N. R., & Taram, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis E Learning Menggunakan Learning Management System (LMS) MOODLE pada Materi Program Linear untuk Siswa SMA Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018, 189-194.
Wicaksana, E. J., Atmadja, P., Lestari, W., AgusTanti, L., & Odrina, R. (2020). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BAKAT PESERTA DIDIK DI TENGAH PANDEMI COVID -19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran Volume 1, No. 2 Edisi Juni 2020, 1, 117-124.
ES Eriana, Afrizal Zein, 2021, Implementasi Metode Scrum Dan Analisis Swot Sebagai Strategi Framework Customer Relationship Management (CRM) Pada Perusahaan Rental Mobil, SAINSTECH: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Sains Dan Teknologi 31 (2), 36-45
Afrizal Zein, C Rozali, 2024, Information Technology Investment Assessment Using Val IT Framework, International Journal of Engineering, Science and Information Technology 4, 57-62
Afrizal Zein, 2024, Implementation of Service Oriented Architecture in Mobile Applications to Improve System Flexibility, Interoperability, and Scalability, Journal of Information System, Technology and Engineering 2 (1), 171-174
Published
How to Cite
Issue
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.