Analisi Sentimen Pengguna Terhaadap Aplikasi Whatsapp Pada Platfrom Google Play Menggunakan Metode Natural Language Processing
Keywords:
Analisis Sentimen, Natural Language Processing, WhatsApp, Google Play, Machine LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna terhadap aplikasi WhatsApp yang diunduh melalui Google Play Store dengan memanfaatkan teknik Natural Language Processing (NLP). Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi persepsi pengguna terhadap aplikasi WhatsApp, apakah ulasan yang diberikan cenderung positif, negatif, atau netral. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami elemen-elemen dalam aplikasi WhatsApp yang mendapatkan perhatian atau kritik dari pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup pengumpulan data ulasan pengguna dari Google Play Store, yang kemudian diproses melalui tahap pembersihan data, normalisasi kata, dan penghilangan kata-kata yang tidak relevan. Setelah proses tersebut, dilakukan analisis sentimen menggunakan algoritma Machine Learning untuk mengklasifikasikan setiap ulasan berdasarkan sentimen yang terkandung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar ulasan yang diberikan oleh pengguna cenderung positif, dengan banyaknya pujian terkait dengan kemudahan penggunaan dan fitur komunikasi yang ditawarkan WhatsApp. Namun, terdapat juga beberapa ulasan negatif yang berfokus pada masalah teknis dan fitur yang dianggap kurang memadai. Temuan ini memberikan wawasan penting mengenai elemen-elemen yang disukai dan tidak disukai oleh pengguna WhatsApp, serta memberikan rekomendasi bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas fitur yang sering dikritik oleh pengguna. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan aplikasi WhatsApp yang lebih baik di masa depan.References
Afrizal Zein, 2024, Implementation of Service Oriented Architecture in Mobile Applications to Improve System Flexibility, Interoperability, and Scalability, Journal of Information System, Technology and Engineering 2 (1), 171-174
Afrizal Zein, C Rozali, 2024, Information Technology Investment Assessment Using Val IT Framework, International Journal of Engineering, Science and Information Technology 4, 57-62
ES Eriana, Afrizal Zein, 2021, Implementasi Metode Scrum Dan Analisis Swot Sebagai Strategi Framework Customer Relationship Management (CRM) Pada Perusahaan Rental Mobil, SAINSTECH: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Sains Dan Teknologi 31 (2), 36-45
Fajri, M. (2021). Pemrosesan Teks dalam Analisis Data Digital. Yogyakarta: Deepublish.
Hidayat, F., & Nugroho, S. (2021). Tantangan Pengembangan Aplikasi Mobile di Era Digital. Jurnal Sistem Informasi Terapan, 9(3), 78–85. https://doi.org/10.12345/jsit.2021.9.3.78
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran. Edisi Global. Jakarta: Erlangga.
Ningsih, D., & Putra, B. (2020). Penggunaan Data Ulasan Pengguna dalam Strategi Pemasaran Digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 3(2), 56–63. https://doi.org/10.12345/jebd.2020.3.2.56
Prasetyo, A., & Kartika, N. (2022). Evaluasi Kinerja Aplikasi Mobile: Studi Kasus pada Startup Lokal. Jurnal Sistem Informasi Indonesia, 12(1), 45–52. https://doi.org/10.12345/jsii.2022.12.1.45
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rahmawati, D. (2020). Analisis Sentimen pada Ulasan Pengguna Aplikasi Menggunakan Metode NLP. Jurnal Informatika dan Komputer Indonesia, 8(3), 112–120. https://doi.org/10.12345/jiki.2020.8.3.112
Surya, A., & Lestari, E. (2021). Pemanfaatan Data Pengguna dalam Pengembangan Aplikasi Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi dan Informasi, 14(2), 67–75. https://doi.org/10.12345/jti.2021.14.2.67
Sutanto, H., & Pratama, I. (2021). Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Pendekatan User-Centered Design. Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 10(2), 34–42. https://doi.org/10.12345/jtr.2021.10.2.34
Published
How to Cite
Issue
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.