Rancang Bangun Aplikasi Wisata.Id Menggunakan Metode Dad Berbasis Web
Keywords:
Wisata.Id, Metode DAD, Web Application, Rancang BangunAbstract
Perjalanan solo atau Wisata.Id menjadi pilihan populer bagi banyak individu yang mencari kebebasan dan pengalaman personal dalam bepergian. Namun, kebutuhan akan platform yang mempermudah perencanaan, pengelolaan, dan keamanan perjalanan solo sering kali belum terpenuhi. Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun aplikasi Wisata.Id berbasis web menggunakan metode Disciplined Agile Delivery (DAD). Metode DAD dipilih untuk memberikan pendekatan fleksibel dalam pengembangan perangkat lunak dengan fokus pada kebutuhan pengguna dan pengelolaan tim yang adaptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu menyediakan fitur-fitur utama seperti pembuatan itinerary, rekomendasi destinasi berdasarkan preferensi pengguna, serta fungsi sosial untuk berbagi pengalaman dengan sesama perjalanan. Uji coba sistem menunjukkan tingkat kepuasan pengguna mencapai 90%. Implementasi DAD terbukti efektif dalam mendukung pengembangan sistem secara iteratif dengan waktu yang efisien.References
Afrizal Zein, 2024, Implementation of Service Oriented Architecture in Mobile Applications to Improve System Flexibility, Interoperability, and Scalability, Journal of Information System, Technology and Engineering 2 (1), 171-174
Afrizal Zein, C Rozali, 2024, Information Technology Investment Assessment Using Val IT Framework, International Journal of Engineering, Science and Information Technology 4, 57-62
Agus, P., Putra, E., Satwika, P., & Nirmala, W. (2021). Perancangan dan implementasi aplikasi sistem informasi pariwisata berbasis mobile (TRIPTO). Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer.
Dairoh, D., Af’idah, D. I., Handayani, S. F., Pratiwi, R. W., Rachman, A., & Saputra, D. (2023). Pengenalan dan pemanfaatan aplikasi virtual tour sebagai media promosi wisata. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri).
Fadillah, E. K. N. (2018). Aplikasi informasi pariwisata berbasis web (modul pengelolaan informasi wisata dan pemandu wisata).
Ginting, S. W., & Sudarma, I. (2020). Analisis usability aplikasi sistem informasi destinasi wisata Pulau Ambon berbasis Android
Lestari, N., Ambarita, A., Hafel, R. G., & Muharto. (2023). Aplikasi E-Tourism berbasis Android sebagai panduan dan media promosi objek pariwisata di Maluku Utara. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rianingtyas, A. K. (2018). Perancangan aplikasi mobile sebagai media promosi digital untuk tour dan travel skala UMKM: Studi kasus Provinsi Bali.
Tangalele, C. S., Rindengan, Y. D. Y., & Sambul, A. M. (2019). Rancang bangun aplikasi pariwisata di Kabupaten Parigi Moutong berbasis Android.
Zein, A.;& Suharyanto, E. (2022). Analisis Data Minat Calon Mahasiswa Universitas Pamulang Dengan Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier. Sainstech Vol. 32 No. 3, 70-76.
Published
How to Cite
Issue
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.