ANALISIS CLUSTERING A-KIOS ALFAMART MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA K-MEANS DAN GOOGLE MAP DI WILAYAH TANGERANG SELATAN ( STUDI KASUS : PT. INFOMEDIA SOLUSI HUMANIKA)

Penulis

  • Reza Saputra Universitas Pamulang

Kata Kunci:

A-kios, maintenance, algoritma k-means, google map

Abstrak

  1. Infomedia Solusi Humanika merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa SDM. PT. Sumber Alfaria Trijaya atau lebih dikenal dengan nama Alfamart merupakan rekanan bisnis PT. Infomedia Solusi Humanika, dimana dalam menangani A-kios Alfamart mempercayakan PT. Infomedia Solusi Humanika dalam maintenance alat pembayaran A-kios. Dalam penanganan maintenance A-kios selama ini, dirasa kurang optimal, karena pembagian wilayah maintenance tiap engineer tidak dihitungkan dengan pembagian jarak yang optimum di tiap wilayah. Dalam mengoptimalkan pembagian wilayah di tiap daerah perlu dilakukan clustering terhadap tiap-tiap lokasi yang telah terpasang mesin pembayaran A-kios agar pembagian lokasi lebih tepat dan optimal. Dalam hal clustering A-kios Alfamart tersebut dapat diterapkan clustering data maining menggunakan algoritma k-means dan google map. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data A-kios Alfamart wilayah Tangerang Selatan yang telah terpasang mesin pembayaran.

Referensi

Ardyan, S, Mulyono & Amin Suyitno, 2017, Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata Di Kabupaten Gunungkidul Dengan Program Visual Basic, UNNES.

Enright, van Dongen, Ouzounis, 2002 Enright, A. J., van Dongen, S., dan Ouzounis, C. A. 2002. An Efficient Algorithm for Large-scale Detection of Protein Families. Nucleic Acids Research, Vol. 30, No. 7, pp. 1575 – 1584.

Han, J., Kamber, M., Pei, J.: Data Mining Concept and Techniques, 3rd ed. Morgan Kaufmann-Elsevier, Amsterdam (2012)

Irawan, F & Hakim, L, 2014, Perancangan Aplikasi Commuter Line Assistant Menggunakan Algoritma Dijkstra Berbasis Android, UBM.

Jain. A.K (2009). Data Clustering: 50 Years Beyond K-Means. Pattern Recognition Letters, 2009.

Kusrini & Luthfi, ET, 2009, Algoritma Data Mining, Yogyakarta : Andi.

M. Aldous, Joan & J. Wilson, Robin, 2000, Graphs and Application an Introductory Approach, Britania Raya: Universitas Terbuka.

Munir, R, 2010, Matematika Diskrit, Bandung: Informatika.

Satyananda Darmawan, 2012, Struktur Data, Malang: Universitas Negeri Malang.

Stijn van Dongen Stijn, van Dongen, MCL - a cluster algorithm for graphs. Retrieved from http://www.micans.org/mcl/.

Tan, P.N., Steinbach, M., Kumar, V. (2006) Introduction to Data Mining. Boston:Pearson Education.

Wikipedia, https://id.m.wikipedia.org/wiki/Alfamart.

Diterbitkan

2023-12-15

Cara Mengutip

Saputra, R. (2023). ANALISIS CLUSTERING A-KIOS ALFAMART MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA K-MEANS DAN GOOGLE MAP DI WILAYAH TANGERANG SELATAN ( STUDI KASUS : PT. INFOMEDIA SOLUSI HUMANIKA). Jurnal Ilmu Komputer, 6(3), 76-79. Diambil dari https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/187