PERANCANGAN APLIKASI PARENTAL CONTROL BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Rahmat Hidayat Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Android, Aplikasi, Kontrol Orang Tua, Parental Control, Orang Tua

Abstrak

Saat ini indonesia menjadi salah satu negara yang berkembang dilihat dari semakin maraknya bermacam jenis smartphone, sebuah telepon selular yang mampu menggantikan kerja komputer dan menjadi suatu kebutuhan saat ini dengan dukungan operating system yang mampu memberikan akses yang lebih luas. Teknologi komunikasi juga cenderung memungkinkan terjadinya transformasi berskala luas dalam kehidupan manusia. Transformasi tersebut telah memunculkan perubahan dalam berbagai pola hubungan antar manusia, yang pada hakikatnya adalah interaksi antar pribadi.

Aplikasi Parental Control ini merupakan aplikasi yang dapat membantu orang tua untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sering digunakan, dimana saja anak berkegiatan, serta mencatat nomor telepon masuk dan keluar pada smartphone anak. Aplikasi ini dirancang di atas platform android, dengan menggunakan berbagai fitur yang tersedia pada smartphone android, seperti menggunakan fitur GPS (Global Positioning Service) untuk mencatat posisi anak dan database SQLite sebagai media penyimpanan sementara pada smartphone apabila data belum dikirim ke server. Data yang tersimpan pada smartphone akan dikirim dan disimpan di server apabila smartphone terhubung dengan internet, serta data-data tersebut dapat dilihat melalui website yang dirancang menggunakan PHP, HTML, CSS, jQuery, dan MySQL. Berdasarkan hasil pengujian whitebox dan blackbox yang telah dilakukan aplikasi ini berjalan sesuai keinginan.

Referensi

Arti Kata Kontrol. (n.d.). Retrieved Desember 18, 2015, from Kamus Besar Bahasa Indonesia: http://kbbi.web.id/kontrol

Astrida. (n.d.). Peran Dan Fungsi Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak.

Fahrurrozi, I., & SN, A. (n.d.). Proses Pemodelan Software Dengan Metode Waterfall dan Extreme Programming. Studi Perbandingan.

Fatimah, W. N. (2011, Februari 10). Pengenalan Eclipse.

Febriyantoro, M. T. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.

Fuad, H. (1999, November). Teknologi dan dampak kebudayaannya: . Tantangan dalam laju teknologi. Orasi Ilmiah Dies Natalis Institut Teknologi Sepuluh November ke-39.

Jogiyanto. (2005). Analisis & Desain. Yogyakarta: Andi.

Kadir, A. (2004). Dasar Pemrograman Java 2. Yogyakarta: Andi.

Kadir, A. (2013). Pemrograman Database MySQL untuk pemula. Yogyakarta: MediaKom.

Nurudin. (2005). Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pamungkas, H. W. (2014). Interaksi Orang Tua Dengan Anak Dalam Menghadapi Teknologi Komunikasi Internet. Studi Pada SMA Rahadi Usman.

Putra, A. (2014). Peran Smartphone Dalam Interaksi Anak Muda. Studi Deskripsi kualitatif Peran Smartphone Dalam Kelompok Persahabatan Anak Muda.

Recombu. (2015, Desember 24). A History Of Android Versions: From Cupcake to Marshmallow. Retrieved from Recombu: https://recombu.com/mobile/article/android-versions

Safaat, N. (2014). Pemrograman Aplikasi Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Subari, P., & Ivirgono, A. (2013). Desain dan Implementasi Aplikasi Kontrol Orang Tua Menggunakan GPS Pada Smartphone Berbasis Android.

Technopedia. (n.d.). What is Application Software? - Definition from Techopedia. Retrieved Februari 23, 2016, from Technopedia: https://www.techopedia.com/definition/4224/application-software

Widodo, P. P., & Herlawati. (2011). Menggunakan UML. Bandung: Informartika.

Yudiningrum, F. R. (n.d.). Efek Teknologi Komunikasi Elektronik Bagi Tumbuh Kembang Anak.

Diterbitkan

2023-12-05

Cara Mengutip

Hidayat, R. (2023). PERANCANGAN APLIKASI PARENTAL CONTROL BERBASIS ANDROID. Jurnal Ilmu Komputer, 6(3), 55-62. Diambil dari https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/184