SENTIMEN ANALISIS APLIKASI FERIZY MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

Authors

  • Beni Rahmatullah Universitas BSI
  • Pungkas Budiyono Universitas BSI
  • Suwanda Aditya Saputra Universitas BSI

Keywords:

Naive Bayes, Transportasi, Ferizy

Abstract

Transportasi merupakan kebutuhan yang paling digunakan dalam aktifitas sehari-hari dalam bekerja, dan kegiatan yang lainnya. Transportasi laut salah satunya menjadi yang diminati oleh masyarakat terlebih lagi indonesia negara kepulauan. Penggunaan aplikasi Ferizy menjadi salah satu penunjang dan mempermudah dalam membeli tiket secara online, Saran dan kritik dari pelanggan guna memperbaiki sistem dan pelayanan yang diberikan. Dalam hal ini penulis memperoleh data dari komentar di playstore dan menggunakan algoritma Naive Bayes. Hasil akurasi yang didapat membuktikan komentar negative  tertinggi dengan dengan Akurasi 98 % dan AUC 0.988.

References

Joshi, M., Prajapati, P., Shaikh, A., & Vala, “A Survey on Sentiment Analysis,” International Journal of Computer Applications., 163(6), 34–38. doi:10.5120/ijca2017913552, 2017.

Duwairi, R. M., Marji, R., Sha’Ban, N., & Rushaidat, S. (2014). Sentiment analysis in arabic tweets. In 2014 5th International Conference on Information and Communication Systems, ICICS 2014. doi:10.1109/IACS.2014.6841964.

Lin, B., Zampetti, F., Bavota, G., Di Penta, M., Lanza, M., & Oliveto, R. (2018). Sentiment analysis for software engineering (pp. 94–104). doi:10.1145/3180155.3180195.

Medhat, W., Hassan, A., & Korashy, H. (2014). Sentiment analysis algorithms and applications: A survey. Ain Shams Engineering Journal, 5(4), 1093–1113. doi:10.1016/j.asej.2014.04.011.

Ren, F., & Wang, L. (2017). Sentiment nalysis of text based on three-way decisions. Journal of Intelligent and Fuzzy Systems, 33(1), 245–254. doi:10.3233/JIFS-161522.

Stine, R. A. (2019). Sentiment Analysis. Annual Review of Statistics and Its Application, 6(1), 287–308. doi:10.1146/annurev-statistics-030718-105242

J. Ipmawati, Kusrini, and E. Taufiq Luthfi, (2017 ) “Komparasi Teknik Klasifikasi Teks Mining Pada Analisis Sentimen,” Indones. J. Netw. Secur.

E. N. Sari, (2013 ) “Analisa Algoritma Apriori untuk Menentukan Merek Pakaian yang Paling Diminat i pada Mode Fashion Group Medan,” Pelita Inform. Budi Darma.

Susilowati, Elly, et al ( 2015) “Implementasi Metode Support Vector Machine Untuk Melakukan Klasifikasi Kemacetan Lalu Lintas Pada Twitter.” E-Proceeding of Engineering, vol. 2, no. 1, pp. 1–7.

Raharjo, Suwanto, and Edi Winarko (2014 ) “Klasterisasi, Klasifikasi Dan Peringkasan Teks Berbahasa Indonesia.”, vol. 8, no. Kommit, 2014, pp. 391–401.

Suyanto (2017) “Data Mining untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data.” Bandung: Informatika Bandung.

A. Mukminin and D. Riana (2017) “Komparasi Algorit ma C4 . 5 , Naïve Bayes Dan Neural Network Untuk Klasifikasi Tanah,” J. Inform.

G. Vinodhini dan R. M. Chandrasekaran, "Sentiment Analysis and Opinion Mining: A Survey," Int. J. of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, Vol. 2, No. 6, hal. 282-292, 2012

Published

2023-10-30

How to Cite

Rahmatullah, B., Budiyono, P., & Aditya Saputra, S. (2023). SENTIMEN ANALISIS APLIKASI FERIZY MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES. Jurnal Ilmu Komputer, 6(3), 38-42. Retrieved from https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/180