USULAN SOLUSI UNTUK MEMBANGUN CUSTOMER MASTER FILE PADA PT. ABC

Authors

  • Ardijan Handijono Universitas Pamulang
  • Zaldy Suhatman Universitas Pamulang

Keywords:

Data Deduplication, CDI, CIF Number

Abstract

PT. ABC adalah perusahaan penjaminan kredit, yang menerima data pengajuan kredit dan data nasabah dari beberapa bank rekan bisnisnnya.  Setiap bank mengirimkan data nasabah dengan kelengkapan data dan struktur data yang berbeda-beda. Masalah timbul ketika data nasabah diketahui banyak yang duplikat, hal ini terjadi karena tidak setiap data nasabah yang diterima dari Bank memberikan nomor KTP sehingga setiap data nasabah yang baru diterima di anggap sebagai data nasabah baru. Pada kasus ini kita akan fokus pada masalah data nasabah. Dipasaran ada beberapa solusi untuk problem ini yaitu aplikasi Customer Data Management (CDI) namun aplikasi ini hanya bisa menunjang proses binis yang umum, tidak sesuai digunakan pada kasus ini. Proses menyatukan beberapa data nasabah yang duplikat menjadi satu biasanya disebut proses Data Deduplication. Masalah akan timbul jika masing-masing data nasabah tersebut telah mempunyai sejarah transaksi, maka kode indentitas nasabah tidak bisa di ganti atau dihapus karena sudah terhubung ke tabel transaksi sebagai Foreign Key. Masalah ini dapat dirumuskan menjadi beberapa pertanyaan sebagai berikut: (1) Bagaimana cara mengidentifikasi beberapa data nasabah yang mirip adalah orang yang sama. (2) Bagaimana cara menjadikan satu Data duplikat tanpa menghilangkan transaksi history yang pernah dilakukan. (3) Bagaimana cara memberikan kode identitas yang unik setelah data nasabah disatukan. Untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut peneliti melakukan literatur review dari beberapa jurnal sebelumnya, melakukan analisa dan sintesa untuk bisa memberikan solusi, dan hasil akhirnya membuat kerangka desain sistem  dalam bentuk proses flow dan desain database

References

Ahola, S. (2022a). Developing A Customer Master Data Management Model.

Andrzejewski, W., Bębel, B., Boiński, P., Sienkiewicz, M., & Wrembel, R. (2023). Text similarity measures in a data deduplication pipeline for customers records.

Azeroual, O., & Abuosba, M. (2019). Improving the data quality in the research information systems. arXiv preprint arXiv:1901.07388.

Boiński, P., Sienkiewicz, M., Bębel, B., Wrembel, R., Gałęzowski, D., & Graniszewski, W. (2022). On customer data deduplication: Lessons learned from a r&d project in the financial sector. Paper presented at the Proc. of the Workshops of the EDBT/ICDT 2022 Joint Conference (CEUR Workshop Proceedings).

El-Hadi, M. (2023). How Good Data Quality Achieves Better Results and Boosts Productivity. 31(31), 79-80.

Hikmawati, S., Santosa, P. I., & Hidayah, I. J. I. (2021). Improving Data Quality and Data Governance Using Master Data Management: A Review. 5(3), 90-95.

Jasim, H. A., Fahad, A. A. J. I. J. o. A. C. S., & Applications. (2018). New techniques to enhance data deduplication using content based-TTTD chunking algorithm. 9(5).

Sehat, M., & Paves Flores, R. (2012). Customer Data Management. In.

Traulsen, S., Tröbs, M., AG, U., Tucherpark, A., & Ganghoferstrasse, C. (2011). Implementing data governance within a financial institution. Paper presented at the GI-Jahrestagung.

Viji, D., & Revathy, S. (2019). Various data deduplication techniques of primary storage. Paper presented at the 2019 International conference on communication and electronics systems (ICCES).

Xiao, Y., Watson, M. J. J. o. p. e., & research. (2019). Guidance on conducting a systematic literature review. 39(1), 93-112.

Published

2023-10-30

How to Cite

Handijono, A. ., & Suhatman, Z. (2023). USULAN SOLUSI UNTUK MEMBANGUN CUSTOMER MASTER FILE PADA PT. ABC. Jurnal Ilmu Komputer, 6(3), 15-22. Retrieved from https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/176