APLIKASI PEMILIHAN KETUA OSIS BERBASIS ANDROID DENGAN METODE SYSTEMS DEVELOPMENT LIVE CYCLE
Abstrak
Sistem Pemilihan ketua OSIS pada SMK PANTI KARYA 3 masih menggunakan cara konvensional. Proses voting yang dilakukan adalah secara centang atau coblos pada kertas suara menjadi cara dalam pemilihan calon ketua OSIS. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibangun sebuah sistem untuk melaksanakan voting berbasis web atau yang disebut e-voting. Sistem e-voting dianggap lebih efektif dan efisien dalam proses perhitungan suara dan hasil pemilihan bisa langsung diketahui secara cepat dan akurat. Metode Systems Development Live Cycle, berbasis web untuk panel admin dengan bahasa pemrograman HTML dan PHP tanpa framwork serta MySql sebagai penyimpanan data. Sistem ini diharapkan agar siswa siswi dapat melakukan proses pemilihan Ketua Osis dengan mudah dan cepat mampu mengurangi permasalahan pada sistem pemilihan konvensional [1]. Hasil kuesioner Sistem ini mendapat penilaian 87,69% dari 22 sampel pemilih dan target penelitian ini adalah jurnal Issn.
Referensi
Setyawan, F. and Pratama, F. I. (2020) Rancang Bangun Sistem E-Voting Pemilihan Ketua Osis SMA Mardisiswa Semarang Berbasis Web’, Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(2), p. 154. doi: 10.36499/jinrpl.v2i2.3591.
Risnanto, S. (2018). Aplikasi Pemungutan Suara Elektronik / E-Voting Menggunakan Teknologi Short Message Service Dan At Command. Jurnal Informatika, J. T., Teknik, F. and Pamulang, U. (2020) ‘Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android’, 1(1), pp. 16–23.
Sofyan, A. A., Puspitorini, P., Yulianto, M. A., Stmik, D., Sarana, B., Stmik, M., & Sarana, B. (2017). SOA System Development Life Cycle. Achieving Service-Oriented Architecture, 6(2), 175–212.https://doi.org/10.1002/9781119200178.ch9
Firmansyah, Y. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya , Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, 4(1), 184–191.
Widharma, I. G. S. (2017). PERANCANGAN SIMULASI SISTEM PENDAFTARAN KURSUS BERBASIS WEB DENGAN METODE SDLC. JURNAL MATRIX, 7(2), 38–41.