APLIKASI PROMOSI PENJUALAN RUMAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : GRIYA CENDEKIA)

Penulis

  • Galuh Oka Safitri Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Augmented Reality, Perumahan, Promosi

Abstrak

Augmented Reality adalah suatu teknologi yang memanipulasi objek 2D dan 3D untuk memproyeksikan objek-objek tersebut kedalam lingkungan dunia nyata secara real-time. Penelitian dilakukan karena didapatkan suatu masalah dalam proses pemasaran rumah, yaitu kurangnya informasi perihal detail dalam ruangan rumah. Hal ini terjadi dikarenakan didalam brosur hanya ditampilkan eksterior rumah dan brosur masih berupa gambar 2 dimensi. Ada pula customer yang jauh dari lokasi perumahan sehingga tidak dapat mengujungi objek secara langsung serta tidak dapat melihat detail bagian dalam rumah. Oleh sebab itu, akan dibuat aplikasi yang memvisualisasikan design bagian dalam atau ruangan rumah secara tiga dimensi dengan menerapkan teknologi Augmented Reality sehingga diharapkan proses promosi rumah akan menjadi lebih real dan lebih interactive. Selain itu, calon pembeli dapat melihat desain ruang rumah secara lebih nyata meskipun tidak datang langsung ke lokasi perumahan. Aplikasi promosi penjualan rumah dengan teknologi Augmented Reality ini membutuhkan kamera sebagai inputan, kemudian aplikasi melacak dan mendeteksi penanda setelah itu objek akan ditampilkan secara 3 dimensi dan terlihat seolah-olah objek tersebut nyata. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak pemasaran dalam mempromosikan rumah kepada customer.

Referensi

Azuma, R. T. (1997). A Survey Of Augmented Reality. Teleoperators And Virtual Environments.

Ade Sutedi, D. T. (2022). Perancangan Aplikasi Promosi Katalog Mebel Menggunakan Teknologi Augmented Reality, 3.

Arsy Febrina Dewi, M. (2022). Perancangan Augmented Reality (Ar) Sebagai Media Promosi Objek Wisata, 1.

Awan Setiawan, H. H. (2020). Aplikasi Media Promosi Penjualan Rumah Berbasis Augmented Reality, 2.

Cahyaningsih, E. (2014). Penerapan Augmeneted Reality Untuk Browser Interaktif Penjualan Rumah Dengan Menggunakan Vuforia.

Ezzadin, R. F. (2012). Aplikasi Augmented Reality Modeling Rumah Pada Smartphone Android Sebagai Sarana Promosi (Studi Kasus Pt. Delta Group).

Haerudi, G. (2012). Aplikasi Android Visualisasi Pemumahan Pada Pt. Puri Cipta Selaras Jaya Berbasis Augmeneted Reality Menggunakan Smartphone.

Indra Hiswara, A. D. (2022). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Produk Menggunakan Software Unity 3d Dan Vuforia Berbasis Android, 2.

Manurung, E. F. (2010). 30 Inspirasi Desain Rumah Bertingkat. Jakarta: Transmedia Pustaka.

Muliyansyah, A. (2022). Penerapan Augmented Reality Pada Media Promosi Pariwisata (Studi Kasus : New Small World), 3.

Nurrisma, R. M. (2021). Perancangan Augmented Reality Dengan Metode Marker Card Detection Dalam Pengenalan Karakter Korea, 2.

Nurul Aini, S. A. (2018). Aplikasi Brosur Penjualan Rumah Menggunakan Augmented Reality, 1.

Putra, P. B. (2020). Implementasi Augmented Reality Pada Media Promosi Penjualan Rumah, 3.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.

Riska Robianto, H. A. (2022). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (Ar) Pada Perancangan Ebrouchure Sebagai Media Promosi Berbasis Android, 3.

Tantan Nur Ilman, R. T. (2022). Augmented Reality Sebagai Aplikasi Media Promosi Penjualan Rumah Berbasis Android, 2.

Diterbitkan

2023-07-27

Cara Mengutip

Oka Safitri, G. . (2023). APLIKASI PROMOSI PENJUALAN RUMAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : GRIYA CENDEKIA). Jurnal Ilmu Komputer, 6(2), 1-9. Diambil dari https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/160