PERANCANGAN APLIKASI MARKETING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN PARFUM BERBASIS WEB

Penulis

  • Yuliana UNIVERSITAS PAMULANG

Kata Kunci:

Algoritma Apriori, Association Rule, Penentuan Pola

Abstrak

Toko Kamila Parfum adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam parfum  yang terletak didaerah Pamulang, Tangerang Selatan. Toko Kamila Parfum tidak memanfaatkan kembali data transaksi penjualan yang dihasilkan dari aktifitas penjualannya. Data tersebut hanya disimpan sebagai laporan atau arsip saja. Hal tersebut membuat toko tidak mengalami peningkatan dalam penjualannya. Oleh karena itu diperlukan suatu Sistem data mining yang dapat membantu pemilik toko dalam menentukan pola penjualan yang baik dengan menggunakan algoritma apriori. Metode algoritma apriori nantinya akan menghasilkan aturan asosiasi keterkaitan yang kuat atar itemset penjualan suku cadang sehingga bisa memberi rekomendasi penyetokan barang dan mempermudah dalam penataan atau penempatan barang yang kuat berkaitan saling ketergantungan. Dengan begitu akan didapat pola atau strategi penujualan yang bagus. Penerapan Algoritma Apriori Untuk Mencari Pola Penjualan Parfum  Berbasis Web Pada Toko Kamila Parfum. Pamulang Tangerang Selatan. Hasil dari penelitian adalah solusi tepat untuk menampilkan item-item dan detailnya untuk penjualan, dan memberikan rekomendasi item berdasarkan item yang dipilih menggunakan algoritma Apriori.

Referensi

] Christyan Putra, A. A., Haryanto, H., & Dolphina, E. (2018:98). Implementasi Metode Association Rule Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Promo Barang. 93. Diambil kembali dari

Djamaludin, I., & Nursikuwagus, A. (2017:672). Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori. Diambil kembali dari.

Fajriansyah, A. (2019:19). Sistem Informasi Geografis Pengguna Narkoba Pada Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ogan Ilir Berbasis Website

Maharani, Hasibuan, N. A., Silalahi, N., Nasution, S. D., Mesran, Suginam, Yuhandri. (2017:6). Implementasi Data Mining Untuk Pengaturan Laiout Minimarket Dengan Menerapkan Association Rule.

Diterbitkan

2023-01-28

Cara Mengutip

Yuliana. (2023). PERANCANGAN APLIKASI MARKETING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN PARFUM BERBASIS WEB. Jurnal Ilmu Komputer, 6(1), 95-100. Diambil dari https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/157