ANALISIS METODE MARKET BASKET ANALYSIS TERHADAP KEGIATAN PENJUALAN CATERING DENGAN ALGORITMA APRIORI DAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH
Kata Kunci:
Data Mining, Market Basket Analysis, Apriori, Frequent Pattern GrowthAbstrak
Catering atau Jasa Boga merupakan sebuah bisnis yang populer di Indonesia, mulai dari industri kecil hingga industri besar. Strategi penjualan merupakan salah satu yang paling fundamental guna melariskan usaha di bidang industri ini. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengetahui keinginan pasar adalah dengan menggunakan teknik Data Mining yaitu Market Basket Analysis. Dengan memanfaatkan Market Basket Analysis, kita akan mendapatkan pengetahuan tentang produk apa yang dibeli pelanggan (what), produk apa saja (which) yang sering dibeli secara bersamaan, siapakah mereka (who) dan mengapa mereka melakukan suatu pembelian (why). Dalam kegiatan ini digunakan Algoritma Apriori dan Algoritma Frequent Pattern Growth untuk mengetahui frequent itemset dan asosiasi yang diharapkan membantu membuat strategi penjualan yang lebih efektif dan efisien.
Referensi
Corinne Baragoin (2001). Mining Your Own Business in Retail Using DB2
Intelligent Miner for Data. Harry Road San Jose, California: IBM.
Han, J., Kamber, M & Pei , J. (2012). Data Mining Concepts and Techniques
(Third Edition). Waltham, Massachusetts, USA: Elsevier, Inc.
Silvers, Fon. (2012). Data Warehouse Designs Achieving ROI with Market Basket
Analysis and Time Variance. Boca Raton, Florida: Taylor & Francis Group.