PERANCANGAN APLIKASI PENCARIAN MASJID TERDEKAT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE PERSONAL EXTREME PROGRAMMING (PXP
Keywords:
Android, Pencarian, Location Based Services (LBS), Personal Extreme Programming (PXP)Abstract
Fasilitas umum yang dibutuhkan oleh masyarakat luas, dimana salah satunya berupa tempat ibadah. Informasi tentang tempat ibadah dinilai sangat diperlukan, agar dapat mengetahui letak tempat peribadahan dan petunjuk untuk dapat sampai ke tempat peribadahan tersebut apalagi saat sedang pergi ke daerah yang baru dikunjungi. Pembuatan aplikasi ini yang berupa Location Based Services (LBS) untuk pencarian lokasi tempat ibadah yang terdiri dari masjid yang berada di Indonesia dengan smartphone untuk mendukung aplikasi tersebut.
Aplikasi ini berjalan pada smartphone sistem operasi android, dengan menggunakan metode Personal Extreme Programming (PXP) aplikasi ini diharapkan dapat memberikan informasi secara cepat untuk mencari tempat ibadah yang diinginkan oleh pemakai.
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis Android yang mampu membantu masyarakat untuk mengetahui lokasi masjid terdekat dari dirinya saat sedang berada di daerah yang belum pernah dikunjunginya serta mampu mengurangi dampak buruk penggunaan smartphone. Dengan harapan kedepannya aplikasi ini dapat dikembangkan sehingga dapat dijalankan pada platform berbeda.
References
Ali, K. (2017). Aplikasi Pencarian Tempat Ibadah Menggunakan Metode LBS (Location Based Service) Berbasis Android. Jurnal: Institut Teknologi Nasional Malang.
Diputra, B., & Muharom, L. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Lokasi Apotek Di Kota Bondowoso Memanfaatkan Global Positioning System (GPS) Dengan Metode Dijkstra Berbasis Android. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Jember.
Howden, W. (1987). Functional Program Testing and Analysis. New York: McGraw-Hill.
Husna, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Lokasi Dan Informasi Atm Dengan Menggunakan Location Based Service Berbasis Android Di Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Irmayani, W., & Susyatih, E. (2017). Sistem Informasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Berorientasi Objek, Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(1), 59.
Jogiyanto, H. M. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Karman, J. (2017). Sistem Informasi Geografis Lokasi Pemetaan Masjid Berbasis Android Pada Kota Lubuklinggau. Skripsi: STMIK Musirawas Lubuklinggau.
Komarudin, M. (2016). Pengujian Perangkat Lunak Metode Black Box Berbasis Equivalence Partitions Pada Aplikasi Sistem Informasi Sekolah, 06(03), 1-16.
Kusrini., & Koniyo. (2007). Tuntutan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansti dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi Offset.
Ladjamudin, A. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lubis, A. (2016). Basis Data Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Mulyadi, Membuat Aplikasi untuk Android, Multimedia Center, Yogyakarta, 2010.
Muslimin, T., C. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pencari Lokasi Masjid Posdaya Berbasis GPS Dengan Markerless Augmented Reality. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Meier, R. (2008). Profesional Android 2 Application Development. London: Willey Publishing Inc.
Mufti, Yusuf. (2015). Panduan Mudah Pengembangan Google Map Android. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Munawar. (2005). Pemodelan Visual Dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nafisah, Syifaun. (2003). Komputer Grafik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nugroho, A. (2009). Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Yogyakarta: Andi Offset.
Noviansyah, E. (2008). Aplikasi Website Museum Nasional Menggunakan Macromedia Dreamweaver MX. Jakarta: STIK.
Perwira, P.M.P. (2017). Kajian Multifungsi Kawasan Masjid Besar Jatinom. Karya Tulis Ilmiah Jurusan Arsitektur UII: tidak diterbitkan.
Safaat, N. H. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (Edisi Revisi). Bandung: Informatika Bandung.
Sugiarti, Y. (2013). Analisis dan Perancangan UML (Unified Modeling Language). Yogyakarta: Graha Ilmu.