IMPLEMENTASI LOAD BALANCE PADA PERANCANGAN JARINGAN INTERNET PROVIDER MENGGUNAKAN MIKROTIK RB941-2ND DENGAN METODE PER CONNECTION CLASSIFIER (PCC)

Penulis

  • Muhammad Baharulloh UNIVERSITAS PAMULANG

Kata Kunci:

Komunikasi Data, ISP (Internet Service Provider), Load Balance, , PCC (Per Connection Classifier)

Abstrak

Kebutuhan komunikasi saat ini sangatlah penting di era digital ini seiring berjalannya waktu dengan perkembangan dan kemajuan teknologi komunikasi data saat ini yang semakin canggih terus menurus. Oleh sebab itu, jasa layanan internet atau yang dikenal ISP (Internet Service Provider) dengan berbagai macam-macam provider ISP itu saling berkompetisi memberikan layanan terbaik untuk pelanggannya terutama Di Perumahan Bojong Nangka, RT.003, RW.027, Kab. Tangerang penyediaan jasa tersebut semakin meluas, walaupun begitu masyarakat Perumahan Bojong Nangka, RT.003, RW.027, Kab. Tangerang banyak dirumahnya kesulitan dalam mendapatkan sebuah koneksi jaringan sebuah internet. Bukan dari sekitar daerahnya tidak memiliki sinyal yang stabil, melainkan dari segi perekonomian untuk menggunakan jaringan internet menggunakan data jaringan biasanya berfikir berhemat untuk menggunakannya Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan pembuatan sebuah jaringan bersama, yang nantinya masyarakat yang mempunyai internet saling berbagi bersama dalam menerapkan penelitian ini. Oleh sebab itu peneliti akan menerapkan Load Balance yang merupakan teknik yang berguna untuk mendistribusikan sebuah beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan secara optimal, dengan memaksimalkan throughput, memperkecil waktu, tanggap, dan menghindari terjadinya overload pada salah satu jalur koneksi tersebut. Menggunakan metode PCC (Per Connection Classifier) dikarenakan metode tersebut dapat meningkatkan kecepatan koneksi dan membagi kedua gateway agar tidak terjadi overload. Yang nantinya masyarakat Perumahan Bojong Nangka, RT.003, RW.027, Kab. Tangerang bisa menikmati jaringan internet yang stabil dan bisa mengurangi biaya pengeluaran dalam pembelian  data jaringan.

 

Referensi

Ermawan, F. (2018). Implementasi Load Balance Pada Jaringan Internet Di Desa Sidorejo Menggunakan Mikrotik Routerboard Dengan Metode Per Connection Classifier (Pcc). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, pp. 1-5.

Muhammad, M., & Hasan, I. (2016). Analisa Dan Pengembangan Jaringan Wireless Berbasis Mikrotik Router Os V.5.20 Di Sekolah Dasar Negeri 24 Palu. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer,, 10 - 19. From https://doi.org/2477-5290

pangestu, y., setiyadi, d., & khasanah, f. n. (2018, Februari 5). Metode Per Connection Classifier Untuk Implementasi. Jurnal Penelitian Ilmu Komputer.

Pratikno, H., Adani, M., & Jusak. (2016). Journal of Control and Network Systems. Journal of Control and Network Systems., 119-125.

Sujarwo, I., Desmulyati, & Budiawan, I. (2020, Februari). Implementasi Load Balancing Menggunakan Metode PCC (Per Connention Clasifier) Di Universitas Krisnadwipayana. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, Vol. 5 No. 2(P-ISSN: 2685-8223 | E-ISSN: 2527-4864 ), 171-176.

Suryanto, Prasetyo, T., & Hikmah, N. (2018). Implementasi Load Balancing Menggunakan Metode Per Connection Classifier (PCC) Dengan Failover Berbasis Mikrotik Router (Studi Kasus PT. Sumber Rejeki Power). Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT)(ISBN: 978-602-61268-5-6), pp. 230-238.

Diterbitkan

2022-08-02

Cara Mengutip

Baharulloh, M. (2022). IMPLEMENTASI LOAD BALANCE PADA PERANCANGAN JARINGAN INTERNET PROVIDER MENGGUNAKAN MIKROTIK RB941-2ND DENGAN METODE PER CONNECTION CLASSIFIER (PCC) . Jurnal Ilmu Komputer, 5(2), 24. Diambil dari https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/129