SOSIALISASI PENGGUNAAN INTERNET SECARA SEHAT DI YAYASAN PENDIDIKAN CAHAYA ASHILLA

Penulis

  • Agus Heri Yunial UNIVERSITAS PAMULANG
  • Achmad Lutfi Fuadi UNIVERSITAS PAMULANG
  • Joko Suwarno UNIVERSITAS PAMULANG
  • Willis Puspita UNIVERSITAS PAMULANG
  • A. Nurul Anwar UNIVERSITAS PAMULANG

Abstrak

Penggunaan internet di masa pandemi saat ini sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat di indonesia bahkan didunia khususnya untuk para pelajar dan para pengajar. Dikarenakan kebijakan pembelajaran daring yang mengharuskan mereka berinteraksi langsung dengan internet dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar. Survey yang telah dilakukan oleh Markplus Insigh menyatakan bahwa pemuda yang umumnya berusia 15-30 tahun mendominasi penggunaan internet di Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa banyak hal positif yang bisa diambil dalam menggukan internet karena sumber informasi yang tersedia sangat banyak dan meyebar dengan cepat. Disamping itu juga banyak dampak negatif yang timbul akibat penggunaan internet yang tidak sesuai diantaranya banyak konten negatif yang semestinya tidak diakses oleh pengguna pada usianya seperti gambar porno, perjudian, penipuan, pelecehan, pencemaran nama baik dan berita bohong atau hoax. Banyak juga kejahatan didunia maya yang bisa terjadi dari penggunaan internet yang tidak sesuai diantaranya cyberbullying, cybercrime yang salah satu contohnya bisa menjadi ajang perkumpulan untuk tawuran dan hal-hal negatif lainnya. Untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, maka perlu adanya penyuluhan dan edukasi terhadap para pengguna internet khususnya kepada para milenial agar bersikap bijak dan mengetahui dampak negatif yang bisa ditimbulkan dalam menggunakan internet. Agar mereka bisa menyikapi dan memilih mana informasi yang bisa mereka terima dan lakukan, mana yang tidak boleh mereka ikuti.

Referensi

. Esabella, S. (2016). Internet Sehat Untuk Sekolah Digital. Retrieved from researchgate.net: https://www.researchgate.net/publication/322303192_Internet_Sehat_Untuk_Sekolah_Digital/link/5a527f810f7e9bbc1054a184/download

. Hidayanto, F. (2015). PENTINGNYA INTERNET SEHAT. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 21-24.

. Karlina, D. A., Aeni, A. N., & Syahid, A. A. (2020). MENGENAL DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET UNTUK ANAK PADA ORANG TUA. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 53-54.

. Sukmawati , N. E., Kusumaningrum, R., & Noranita, B. (2016). Peningkatan Pengetahuan Internet Sehat dan Aman (INSAN) dalam Program Penyuluhan Berjenjang pada Ibu-Ibu PKK di Kecamatan Tembalang. Seminar Nasional Ilmu Komputer, 141-145.

. Wahyudiyono. (2019). Implikasi Penggunaan Internet Terhadap Partisipasi Sosial di Jawa Timur. Jurnal Komunika, 63.

Diterbitkan

2021-12-08

Cara Mengutip

Heri Yunial, A., Lutfi Fuadi, A., Suwarno, J., Puspita, W. ., & Anwar, A. N. . (2021). SOSIALISASI PENGGUNAAN INTERNET SECARA SEHAT DI YAYASAN PENDIDIKAN CAHAYA ASHILLA. Jurnal Ilmu Komputer, 4(2), 50-56. Diambil dari https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/101