Jurnal Ilmu Komputer
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik
<p>Jurnal Ilmu Komputer atau JIK adalah Jurnal mitrabestari yang dikeluarkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komputer - STMIK Pranata Indonesia, terbit 2 s/d 3 kali dalam satu tahun.</p>en-US[email protected] (Imam Zaenuddin)[email protected] (hardi)Sat, 08 Mar 2025 00:00:00 +0700OJS 3.2.0.3http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Analisa Penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Untuk Metode Pembayaran Pada Kedai Berdikari Kopi Tambun Selatan
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/195
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai alat pembayaran pada kedai Berdikari Kopi. Teknik pengumpulan data diamati dengan observasi dan wawancara dan dokumentasi di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah pencocokan data, pembenahan data, dan penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian. Sealanjutnya menguji validitas data menggunakan kekuatan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa implementasi penggunaan QRIS dalam sistem pembayaran di Kedai Berdikari Kopi adalah QRIS dapat digunakan oleh siapapun yang memiliki ponsel dengan kamera dan konektivitas data, serta akun pembayaran elektronik. Membuat transaksi dalam jual beli menjadi lebih mudah, aman, nyaman dan cepat. Efektivitas oenggunaan QRIS pada Kedai Berdikari Kopi terhadap manajemen keuangan terletak pada pelaporan transaksi secara otomatis yang masuk langsung ke akun pemilik kedai. Transaksi tercatat otomatis dan dapat dilihat kapanpun semua ini untuk mencegah kecurangan dalam catatan pembukuan. Muji Raharjo
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/195Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0700Perancangan Aplikasi Game Labirin Berbasis Android Menggunakan Algoritma Backtracking
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/207
Game merupakan hiburan yang sangat di kagumi oleh masyrakat saat ini mulai dari anak hingga orang tua. Permainan sering dilakukan Masyarakat pada jaman sekarang adalah permainan mengasah otak yang dilakukan komputer dan di handphone seperti game labirin. Labirin adalah sebuah permainan mencari jalan keluar Dimana dalam perjalanan labirin ini banyak mendapat rintangan/halangan untuk sampai pada tujuan tetapi dalam menempuh perjalanan tersedia bonus skor apabila dapat menghemat waktu yang ditentukan agar mendapat bonus skor dan dapat menaikkan ke level berikutnya maka untuk mencapai tujuan diperlukan sebuah solusi, solusi yang dipakai adalah algoritma backtracking. Algoritma backtracking (runut-balik) merupakan sebuah algoritma yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi game labirin karena cara kerjanya mencari jalan keluar yang bertujuan untuk menentukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Selama proses penentuan jalur tersebut, jika menemui jalan buntu maka akan dilakukan proses backtrack sampai Kembali menemukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan.Ridho Dwi Cahyo, Tria Suwamita, Andrie Garlih Kadarusman, Ilham Syah Putra Gulo
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/207Sat, 29 Mar 2025 00:00:00 +0700Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Data Mahasiswa Dan Uang Kas Dengan Metode Waterfall
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/211
Pengelolaan data dan keuangan secara manual di era digital sering menimbulkan masalah seperti kesalahan pencatatan, data terduplikat, dan kesulitan mendapatkan akses ke data dalam waktu nyata. Karena itu, kami melakukan sebuah penelitian dan membuat aplikasi untuk menyelesaikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan aplikasi berbasis Java untuk mengelola data mahasiswa dan uangkas kelas. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah metode Waterfall sebagai acuan agar penelitian lebih sistematis dan terarah. Penyusunan laporan otomatis, pencatatan transaksi kas, pengawasan saldo, dan fitur pendaftaran siswa adalah semua bagian dari sistem yang dibuat. Sistem dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan menggunakan diagram teknis seperti Flowchart, UML, dan ERD. Hasil implementasi menunjukkan bahwa aplikasi dapat meningkatkan produktivitas operasional, mengurangi kesalahan, dan memudahkan akses data. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian ini, aplikasi sistem berbasis Java ini dapat digunakan untuk kebutuhan pengelolaan kas dan pendataan. Ada juga potensi untuk pengembangan lebih lanjut.Bayu Pangestu, Muhammad Fadli Juliana, Mohamad Fadlan Jabbar, Sopyan Hidayat
Copyright (c) 2025 Bayu Pangestu, Muhammad Fadli Juliana, Mohamad Fadlan Jabbar, Sopyan Hidayat
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/211Mon, 28 Apr 2025 00:00:00 +0700Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Pada PT Eka Mas Republika
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/215
Sistem informasi persediaan barang merupakan salah satu elemen penting dalam pengelolaan operasional perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi data. PT Eka Mas Republika saat ini menghadapi tantangan dalam pengelolaan persediaan barang yang masih dilakukan secara manual, sehingga rentan terhadap kesalahan pencatatan, ketidaksesuaian data, dan lambatnya akses informasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sistem informasi persediaan barang berbasis web yang dapat memudahkan proses pengelolaan stok barang secara real-time, akurat, dan terintegrasi. Metode pengembangan sistem menggunakan pendekatan Waterfall, yang meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Sistem ini dirancang menggunakan teknologi berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL untuk mendukung fleksibilitas dan skalabilitas. Fitur utama yang dikembangkan mencakup manajemen data barang, pemantauan stok, laporan persediaan, serta notifikasi peringatan untuk stok minimum. Hasil dari perancangan sistem ini menunjukkan bahwa sistem mampu meningkatkan efisiensi kerja, meminimalkan kesalahan pencatatan, dan memberikan akses data secara cepat kepada pihak yang berkepentingan. Dengan sistem informasi ini, PT Eka Mas Republika diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan persediaan barang, meningkatkan produktivitas, dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.Fais Alfi Ansyah, Krisman L Firmansyah, Muchtar Rohman, Muhammad Fais
Copyright (c) 2025 Fais Alfi Ansyah, Krisman L Firmansyah, Muchtar Rohman, Muhammad Fais
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/215Sun, 30 Mar 2025 00:00:00 +0700Analisi Sentimen Pengguna Terhaadap Aplikasi Whatsapp Pada Platfrom Google Play Menggunakan Metode Natural Language Processing
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/216
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna terhadap aplikasi WhatsApp yang diunduh melalui Google Play Store dengan memanfaatkan teknik Natural Language Processing (NLP). Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi persepsi pengguna terhadap aplikasi WhatsApp, apakah ulasan yang diberikan cenderung positif, negatif, atau netral. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami elemen-elemen dalam aplikasi WhatsApp yang mendapatkan perhatian atau kritik dari pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup pengumpulan data ulasan pengguna dari Google Play Store, yang kemudian diproses melalui tahap pembersihan data, normalisasi kata, dan penghilangan kata-kata yang tidak relevan. Setelah proses tersebut, dilakukan analisis sentimen menggunakan algoritma Machine Learning untuk mengklasifikasikan setiap ulasan berdasarkan sentimen yang terkandung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar ulasan yang diberikan oleh pengguna cenderung positif, dengan banyaknya pujian terkait dengan kemudahan penggunaan dan fitur komunikasi yang ditawarkan WhatsApp. Namun, terdapat juga beberapa ulasan negatif yang berfokus pada masalah teknis dan fitur yang dianggap kurang memadai. Temuan ini memberikan wawasan penting mengenai elemen-elemen yang disukai dan tidak disukai oleh pengguna WhatsApp, serta memberikan rekomendasi bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas fitur yang sering dikritik oleh pengguna. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan aplikasi WhatsApp yang lebih baik di masa depan.Dastin Ramadhani, Daviqia Fadel, Bintang Ardian Nugroho
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/216Fri, 02 May 2025 00:00:00 +0700Perancangan Website Workshop Modifikasi Kendaraan Menggunakan Metode Design Thinking Dengan Prinsip Keep It Simple Stupid (Kiss)
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/217
Di dalam era saat ini yang dimana serba digital, website bengkel modifikasi pun turut ikut serta melakukan digitalisasi yang dapat menarik perhatian pengunjung dan mendorong pengguna untuk ikut turut serta dalam mendukung perubahan digitalisasi ini, yang dimana ini bisa mempermudah penikmat otomotif dalam memilih modifikasi secara virtual melalui website, tetapi masih sedikit website yang membantu memberikan Gambaran modifikasi virtual. Dibuatnya jurnal ini untuk membantu pengguna memvisualisasikan hasil modifikasi yang bertujuan untuk meminimalisir kekecewaan dan membuat keputusan yang lebih baik dan memberikan gambaran atau inspirasi modifikasi, menggunakan metode KISS (Keep It Simple Stupid). Dengan menggunakan metode ini menghasilkan website yang memiliki navigasi yang intuitif, tampilan yang minimalis dan konten yang relevan.Faiz Naufal Putra Permana, Alfathir Rizky Harsya, Vito Putra Perdhana, Emi Sita Eriana
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/217Fri, 02 May 2025 00:00:00 +0700Penerapan Metode Rad(Rapid Application Development) Pada Rancang Bangun Sistem E-Learning Sekolah Berbasis Web
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/218
Penerapan teknologi dalam dunia pendidikan semakin berkembang pesat, khususnya dalam pengembangan sistem e-learning yang dapat memfasilitasi proses belajar mengajar secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem e-learning berbasis web untuk sekolah dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) sebagai model pengembangan perangkat lunak. Metode Rapid Application Development (RAD) dipilih karena strukturnya yang sistematis dan bertahap, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, serta pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan E-learning di Sekolah terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran e-learning. Problematika dalam penerapan E-learning antara lain: sulit mengukur standar penilaian afektif dan psikomotrik siswa, rendahnya motivasi belajar siswa dan dukungan orangtua. Strategi master dalam penerapan pembelajaran E- learning dengan pemanfaatan berbagai aplikasi - aplikasi untuk mendukung proses pelaksanaan pembelajaran serta membangun komunikasi dengan siswa dan orang tua siswa.Fajri Maulana Azzam, Irsad Fauzan, Muhammad Azriel
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/218Sat, 03 May 2025 00:00:00 +0700Sistem Peminjaman Buku Perpustakaan Sman 1 Cikande Berbasis Aplikasi Android Dengan Metode Rapid Application Development (Rad
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/219
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan akses, sekolah membutuhkan sistem peminjaman buku berbasis aplikasi android yang dapat diaksessecara online oleh siswa maupun staf. Di era digital saat ini, perpustakaan sekolah SMAN 1 Cikande menghadapi tantangan dalam memberikan layanan yang cepat dan efisien kepada para siswa dan staf pengajar. Studi ini mencakup metode pengumpulan data, pengembangan, analisis kebutuhan fungsional, penerapan antarmuka, serta hasil dan pembahasan. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, kuisioner untuk memahami kebutuhan dari para penguna perpustakaan sekolah. Pengembangan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dengan fokus pada requirements planning, design workshop dan implementation. Analisis kebutuhan fungsional mencakup use case diagram, activity diagram, dan sequence diagram. Penerapan antarmuka melibatkan halaman menu utama, formulir pinjam buku, profil, dan form login. Hasil implementasi menggunakan Android Studio dan MySQL. Simpulan penelitian mencakup keberhasilan implementasi sistem informasi dan keterlibatan bahasa pemrograman serta database.Juhita Tresi, Anisa Nurul Aini, Rizky Ramdhani, Ogamoli Zendrato, Ruky Evana
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/219Sat, 03 May 2025 00:00:00 +0700Implementasi Sistem Perhitungan Keputusan Penilaian Mahasiswa Terbaik Pada Fakultas Ilmu Komputer Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus: Universitas Abc)
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/221
Penentuan mahasiswa terbaik pada Fakultas Ilmu Komputer di Universitas ABC merupakan tantangan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem pendukung keputusan (SPK) menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW dipilih karena metode ini dapat memberikan peringkat berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, Dalam penentuan mahasiswa terbaik, Kriteria prestasi lomba menunjukkan pencapaian mahasiswa di luar akademik, nilai akademik mencerminkan performa mahasiswa dalam perkuliahan, keaktifan organisasi menunjukkan keterlibatan mahasiswa dalam suatu organisasi dalam universitas maupun di luar universitas, kemampuan berkomunikasi menjelaskan seberapa baik mahasiswa dalam memberikan suaranya atau berinteraksi di lingkungan kampus, sedangkan kehadiran menggambarkan tingkat kedisiplinan. Bobot diberikan pada masing-masing kriteria, yakni 40% untuk prestasi atau lomba, 20% untuk nilai akademik atau IPK, 20% untuk keaktifan organisasi, 10% untuk kemampuan komunikasi mahasiswa, dan terakhir 10% untuk kehadiran. Data diambil dari 10 mahasiswa, dengan setiap mahasiswa memiliki nilai yang berbeda-beda pada setiap kriteria. Nilai-nilai tersebut kemudian dinormalisasi untuk menghasilkan skor relatif terhadap nilai maksimum dari setiap kriteria. Setelah itu, nilai preferensi dihitung dengan menjumlahkan hasil perkalian antara bobot kriteria dan nilai normalisasi. Hasil akhir berupa peringkat mahasiswa dari yang terbaik hingga yang terendah. Berdasarkan perhitungan, mahasiswa Farhan Wijaya mendapatkan nilai preferensi tertinggi yaitu 0.88 menjadikannya sebagai mahasiwa terbaik Fakultas Ilmu Komputer di Universitas ABC.Khusnul Fikroh Adillah, Kaysha Syabani Jasmine
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/221Sun, 04 May 2025 00:00:00 +0700Perancangan Aplikasi Absensi Dengan Fitur Geotagging Dan Face Recognition Metode Rad
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/223
Tirta Catering menghadapi masalah dalam pengelolaan absensi karyawan akibat sistem manual yang tidak efisien dan rentan terhadap manipulasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi absensi berbasis mobile dengan fitur geotagging dan face recognition menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Aplikasi dikembangkan dengan framework Flutter untuk antarmuka pengguna dan Laravel untuk backend. Pengujian dilakukan dengan metode black-box testing dan user acceptance testing, yang menunjukkan bahwa aplikasi ini meningkatkan efisiensi dan akurasi pencatatan absensi karyawan. Fitur geotagging memastikan lokasi absensi yang akurat, sedangkan face recognition meminimalkan potensi kecurangan. Aplikasi ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan profesionalitas Tirta Catering.M Rian Almahdi, Devita Ghina Khansa, Daffa Raihan S
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/223Sun, 04 May 2025 00:00:00 +0700