ANALISIS PERBANDINGAN METODE WEIGHT PRODUCT (WP), SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW), DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) DALAM PEMILIHAN PRODUK MOBIL BEKAS

Penulis

  • Andrian Hidayat UNIVERSITAS PAMULANG

Kata Kunci:

Pemilihan mobil bekas, Sistem Pendukung Keputusan, , Metode WP, Metode SAW, Metode TOPSIS

Abstrak

Hadirnya beragam mobil baru di tanah air ternyata tidak mengurangi minat pasar mobil bekas, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya showroom dan situs jual beli online yang khusus menjual mobil bekas. Masalah yang timbul adalah ketika calon customer tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang kendaraan mobil bekas, sehingga akan menemui kesulitan dalam memilih kendaraan manakah paling baik dipilih dari berbagai alternatif pilihan mobil bekas yang ada. Sistem pendukung keputusan adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk mendukung dan membantu dalam memberi pertimbangan dan mengambil keputusan pada kondisi semi terstruktur dan tidak terstruktur melalui serangkaian prosedur dan interaksi komponen seperti komponen sistem bahasa, sistem pengetahuan dan sistem pemrosesan masalah. Banyak metode yang digunakan untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalah Weight Product (WP), Simple Additive Weighting (SAW) dan Metode Technique for Order Preference by Similiarity to Ideal Solution (TOPSIS). Dengan adanya  penelitian ini diharapkan dapat membantu calon pembeli dalam pemilihan kendaraan mobil bekas sehingga menghasilkan hasil yang optimal, serta akurasi ketiga metode tersebut akan dibandingkan untuk mengetahui metode mana yang lebih baik dalam seleksi pemilihan mobil bekas.

Referensi

Effendy, D. A., & Irawan, R. H. (2015). Uji Sensitivitas Metode Wp, Saw Dan Topsis Dalam Menentukan Titik Lokasi Repeater Internet Wireless. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 85-90.

Fadlan, M. (2017). Terapan Kombinasi Metode Topsis Dan Analytical Hierarchy Process Pada Perekomendasian Penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Studi Kasus Pada Stmik Ppkia Tarakanita Rahmawati). Jurnal SIMETRIS, Vol 8 No 2, 663-670.

Fatkhurrochman, & Astuti, D. (2018). Analisis Perbandingan Metode Topsis Dan Saw Dalam Penentuan Penerima Bantuan Pembangunan Rumah Masyarakat Kurang Mampu. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 67-72.

Febriyati, M. N., Sophan, M. K., & Yunitarini, R. (2016). Perbandingan Saw Dan Topsis Untuk Open Recruitment Warga Laboratorium Teknik Informatika Di Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Simantec, 133-142.

Ilham, F. (2013). Skripsi: Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (STUDI KASUS: SMP YPI DARUSSALAM CIPUTAT). Tangerang Selatan: Teknik Informatika, Universitas Pamulang.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decission Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Prof. DR. H. Abdurrahmat Fathoni, M. (2006). Metode Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT RINEKA CIPTA, Jakarta.

Diterbitkan

2023-01-28

Cara Mengutip

Hidayat , A. . (2023). ANALISIS PERBANDINGAN METODE WEIGHT PRODUCT (WP), SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW), DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) DALAM PEMILIHAN PRODUK MOBIL BEKAS. Jurnal Ilmu Komputer, 6(1), 73-81. Diambil dari https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/153