PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS DESKTOP PADA PAUD PERMATA

Penulis

  • Ria Ester UNIVERSITAS PAMULANG

Kata Kunci:

Game, Edukasi, Anak Usia Dini

Abstrak

Game merupakan aktivitas yg menyenangkan yg dekat menggunakan global anak-anak, banyak pilihan game yang beredar saat ini, dengan berbagai kelebihannya yang ada pada game tersebut. Sederhananya, karakter game hanya "bermain", tidak melakukan apa-apa dan tidak berguna. Secara umum tujuan permainan adalah untuk menghibur anak agar selalu senang. Karakter seperti ini menjadikan permainan sebagai alat yang membuat anak-anak bahagia dalam hidupnya. Anak mengalami masa keemasan pada usia muda, saat anak mulai peka terhadap berbagai rangsangan. Namun sangat miris ketika masih banyak anak yang belum bisa membaca kalimat dengan benar karena anak sudah bosan membaca, bahkan mengingat huruf satu persatu sangatlah sulit. Untuk mengatasi masalah tersebut maka penulis merancang media pengenalan huruf, angka, angka arab, dan hijaiyah serta dibantu dengan adanya efek suara berbasis desktop. Implementasinya menggunkan bahasa pemrograman Java dan menggunakan aplikasi Netbeans IDE 6.9. Diharapkan game edukasi ini dapat membantu para anak usia dini mengingat bentuk huruf, angka, hijaiyah dan angka arab.

Referensi

Aryawan, Eko. Game Edukasi Terbaik untuk Anak, Jakarta: Elex Media Koputindo, 2012.

Ayu, Shinta. Segudang Game Edukatif Mengajar, Jogjakarta: Diva Press, 2014.

Gaspersz, V. (1996). Analisis Sistem Terapan Berdasarkan Pendekatan Teknik Industri. Bandung: TARSHITO.

Hasan, Maimunah. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta: Diva Press, 2009. Isjoni. Model Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Alfabeta, 2011.

Jogiyanto, H. (1989). Analisis dan Desain. Yogyakarta: ANDI.

Zein, Afrizal. Panduan Menjadi Programmer Handal, Adab, Indramayu, 2022

Kadir, Abdul. Dasar Pemrograman Java 2, Yogyakarta: Andi, 2004.

Samuel, H. Panduan Praktis bagi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Bermain Game, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Shalahuddin, M & Rosa A.S. Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Informatika Bandung, 2013.

Siallagan, Sariadin. Pemrograman Java, Yogyakarta: Andi, 2009.

Tanjung, Mahardika Abdi Prawira. Analisis Pengaruh Storytelling Terhadap Game Lorong Waktu-Pangeran Dipenogoro Sebagai Media Edukasi Sejarah. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, Bandung, 2012.

Wahana, Komputer. Tutorial 5 Hari Membangun GUI dengan Java Netbeans 6.5, Yogyakarta: Andi, 2010.

Diterbitkan

2023-01-28

Cara Mengutip

Ester, R. . (2023). PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS DESKTOP PADA PAUD PERMATA. Jurnal Ilmu Komputer, 6(1), 7-13. Diambil dari https://jurnal.pranataindonesia.ac.id/index.php/jik/article/view/146