Detail Journal
Author Erwin Effendy
Kategori Kampus
Download 20190221-JURNAL-OJS-ERWIN EFENDY1.docx
Judul PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KONSEP PENGUASAAN MATEMATIKA MAHASISWA STMIK PRANATA INDONESIA
Abstract ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Pengaruh langsung kecerdasan numerik terhadap penguasaan konsep matematika; 2). Pengaruh langsung minat belajar siswa terhadap penguasaan konsep matematika ; 3). Pengaruh langsung kecerdasan numerik terhadap minat belajar siswa ; 4). Pengaruh tidak langsung kecerdasan numerik terhadap penguasaan konsep matematika melalui minat belajar siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik multi stage sampling dari mahasiswa SemesterIII STMIK Pranata Indonesia. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes tulis dan angket penelitian. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, koefisien korelasi pearson dan analisis jalur (path analisis). Uji statistik dipergunakan uji F.Hasil penelitian menunjukan ;1). Terdapat pengaruh langsung kecerdasan numerik terhadap penguasaan konsep matematika ; 2). Terdapat pengaruh langsung minat belajar siswa terhadap penguasaan konsep matematika ; 3). Terdapat pengaruh langsung kecerdasan numerik terhadap minat belajar siswa ; 4). Tidak terdapat pengaruh tidak langsung kecerdasan numerik terhadap penguasaan konsep matematika melalui minat belajar siswa . penelitian ini dapat direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep matematika Mahasiswa.

Kata Kunci : Kecerdasan Numerik, Minat Belajar, Konsep matematika.