Detail Journal
Author ERWIN EFFENDY
Kategori Kampus
Download 20180722-shl.php
Judul PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (EKSPERIMEN PADA SISWA SMP DI SMP SETIA NEGARA DEPOK)
Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh pendekatan pembelajaran matematika kontekstual terhadap hasil belajar matematika.Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika.SElanjutnya untuk mengetahui pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika.
Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen.Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP Setia negara Depok.Instrumen penelitian adalah angket skala penilaian motivasi belajar dengan 32 item yang telah diuji validitasnya dengan koefisien eliabilitas = 0,974 dan tes hasil belajar matematika bentuk pilihan ganda sebanyak 29 butir soal yang telah diuji validitasnya dengan koefisien reliabilitas =0,895.Analisa data menggunakan Analysis of Varians (ANOVA ) dua arah dan uji -t.