Detail Journal
Author Erwin Effendy
Kategori Kampus
Download 20180508-Pengaruh Penggunaan Soal Cerita Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa yang Bermotivasi Belajar Tinggi dan Rendah (1).pdf
Judul PENGARUH PENGGUNAAN SOAL CERITA MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA YANG BERMOTIVASI BELAJAR TINGGI DAN RENDAH (EKSPERIMEN PADA SMP SWASTA PANCORAN MAS DEPOK)
Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1. pengaruh soal cerita matematika terhadap hasil belajar matematika,
2. pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar
matematika, dan
3. Pengaruh interaktif soal cerita matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini, menggunakan metode eksperimen,
Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang berjumlah 60 siswa
dari seluruh siswa kelas VII di SMP Swasta Pancoran Mas Depok. Pengumpulan data
dilaksanakan dengan angket dan eksperimen langsung dikelas pada bulan Oktober
2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Terdapat pengaruh yang signifikan soal
cerita matematika terhadap hasil belajar matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan
sig 0,000 < 0,05 dengan Fhitung 31,258. (2). Terdapat pengaruh Motivasi belajar
terhadap hasil belajar matematika. Hal tersebut dibuktikan sig 0,029 < 0,05 dan Fhitung
5,001 dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar
terhadap hasil belajar matematika siswa. (3). Terdapat pengaruh interaktif yang tidak
signifikan soal cerita matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
matematika. Hal ini dibuktikan nilai sig 0,099 > 0.05 dan Fhitung 2,813.