Detail Journal
Author ISWANDI
Kategori Kampus
Download 20180410-JURNAL MANAJENEM.pdf
Judul PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN
Abstract ABSTRAKSI

Komitmen organisasi berkaitan dengan sejauh mana seorang karyawan dalam suatu organisasi memiliki rasa keberpihakan terhadap organisasi, sehingga segala beban yang ditugaskan oleh suatu organisasi akan selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan. Sedangkan motivasi kerja merupakan salah satu faktor yang menunjang tercapainya tujuan organisasi kearah yang lebih baik. Motivasi karyawan dapat berasal dari motivasi internal maupun motivasi yang berasal dari eksternal, yang keduanya akan memberikan dorongan kepada karyawan akan selalu melakukan hal yang terbaik bagi organisasinya. Faktor lain yang dapat menunjang tercapainya tujuan organisasi yaitu kedisiplinan karyawan, semakin baik kedisiplinan karyawan maka akan semakin tinggi prestasi kerja yang akan dicapai oleh karyawan. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui bagaimana Pengaruh antara faktor komitmen organisasi, motivasi dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja karyawan dalam suatu perusahaan.
Penelitian ini dilakukan di STMIK Pranata Indonesia, data dikumpulkan melalui kuesioner yang di bagikan kepada 90 karyawan baik non kependidikan maupun yang kependidikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini, menggunakan metode survey dengan teknik analisa regresi linier sederhana dan berganda. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan teknik Disprportionate Stratified Random Sampling , hal ini dikarena populasi yang diambil tidak homogen (berstrata) yang jumlahnya tidak proposional.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa variabel komitmen organisasi motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh secara significant terhadap kepuasan kerja baik secara individu maupun secara simultan.

Kata kunci : Komitmen organisasi, motivasi, disiplin kerja dan kepuasan kerja